Minggu, 22 September 2013

Tips iPad : How to Fix “iTunes cannot read the contents of the iPhone, iPad or iPod Touch”?

Intro :
Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang permasalahan yang pernah terjadi pada iPad mengenai tidak bisanya iPad saya terbaca oleh iTunes. Ketika saya membuka iTunes di PC kemudian saya menyambungkan iPad ke PC, ternyata muncul pesan seperti ini :

"iTunes cannot read the contents of the iPhone. Go to the summary tab in iPhone preferences and click restore to restore this iPhone to factory settings”.



Awalnya ketika terjadi seperti itu ingin langsung saya restore. Tetapi karena kalau restore harus ke iOS terbaru dan belum bisa di Jailbreak, jadi saya tidak ingin untuk me-restore. Sehingga dimulailah mencari solusi dengan bertanya-tanya dan browsing.
Jadi jik anda mengalami hal seperti itu, JANGAN DI RESTORE!!!

Berikut adalah solusinya :
*baca dulu dari awal sampai akhir sebelum mencoba. Lihat gambar untuk menunjang tutorial ini. Tutorial ini sudah saya coba sendiri dan berhasil. Apabila tidak berhasil pada anda, itu bukan tanggung jawab saya. Sehngga cobalah tutorial ini dengan resiko anda sediri yang tanggung.

  1. Hal ini terjadi karena adanya file yang korup di dalam sistem iPad atau iDevice anda lainnya. Ada file iTunesDB dan iTunesCDB. Salah satu file tersebut atau bahkan keduanya mungkin mengalami korup.
  2. Ada cara cepat untuk memperbaikinya, meskipun iDevice anda tidak dalam kondisi jailbreak.
  3. Cabut atau putuskan koneksi iDevice dari PC dan tutup iTunes di PC agar memastikan iDevice anda tidak restore. Pastikan setting/pengaturan di iTunes agar dibuat iTunes tidak terbuka otomatis ketika iDevice tersambung pada PC.
  4. Download dan install iTools pada PC anda.
  5. Jalankan iTools pada PC anda kemudian sambungkan iDevice anda ke PC anda.
  6. Nanti pada panel sebelah kiri akan muncul keterangan iDevice jika iDevice telah tersambung dengan iTools.
  7. Masuk ke FileSystem -> FileSystem (klik pada +) -> iTunes_Control -> iTunes
  8. Pada panel sebelah kanan akan terlihat file-file yang terdapat pada folder iTunes. Kemudian rename file "iTunesCDB" menjadi "iTunesCDBX". Sebenarnya bisa saja di delete file "iTunesCDB" tersebut. Tapi buat jaga-jaga saja sehingga di rename saja.
  9. Kalau sudah di rename file tersebut, putuskan koneksi iDevice dari iTools dengan cara "Safe Removal"
  10. Setelah iDevice terputus dari iTools (pada panel sebelah kiri tidak ada keterangan bahwa iDevice terkoneksi), tutup iTools dan buka iTunes.
  11. Sekarang iDevice sudah kembali lagi tersambung dengan iTunes.



*klik gambar untuk memperbesar gambar.



Terima kasih kepada :
-Opoyo (User ID Kaskus)
-ismapl

2 komentar:

  1. gan, mau nanya. untuk menggunakan itools. apakah i-device harus dijailbeak dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu. Download aja iTools-nya, search google. Tapi harus install itunes dulu.

      Hapus